Thursday 28 July 2016

Kwarda Jawa Timur Kirimkan 1.724 Pramuka Penggalang ke Jambore Nasional X 2016 di Cibubur Jakarta

0 comments
SURABAYA – Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Timur menjadi kontributor terbesar dengan mengirimkan 1.724 anggota Pramuka di usia 11 sampai 15 tahun untuk ajang 5 tahunan ini.

 Wakil ketua Kwarda Pramuka Jatim, Kak. AR Pumadi menjelaskan, peserta perwakilan jatim ini berasal dari 34 kwartir cabang di Jatim. Dengan batas maksimal 40 perwkilan tiap kotanya. Oeserta jambore ini telah melakukan beragam kesiapan untuk saling membagi ilmu di Cibubur. Mulai dari mempelajari beragam permainan, seni dan katahanan hidup. Kak Purmadi mengungkapkan, jambore nasional tersebut bukan berupa lomba melainkan wahana menyalurkan hasil latihan-latihan seluruh anggota Pramuka se Indonesia.

 Peserta Jambore Nasional X 2016 dari Jawa Timur akan mengajak kontingen se Indonesia untuk menari Gandrung, yang merupakan tarian khas dari Banyuwangi. Kak Purmadi menjelaskan, ada penampilan khusus yang akan dibawakan dalam Jamnas nanti. Penampilan tersebut adalah seni budaya berupa tari Gandrung dari Banyuwangi dan batik Banyuwangi. Akan dibuka stan khusus untuk Tari Gandrung, sehingga para pengunjung akan dikalungi dengan selendang dan ajari tari Gandung dengan music live.

 Kak Purmadi menjelaskan, setidaknya para kontingan dari daerah lain mengenal tari Gandrung asal Jatim ini, meski tidak sampai bisa. Selain itu nantinya juga ada aktifitas tersendiri untuk menari gandrung bersama yang dibagi menjadi beberapa putaran. Setiap putaran aka nada 70 anak se Indonesia yang ikut menari. Wakil Kepala Bidang Pembinaan Anggota Muda Kwarda GerakanPramuka Jatim, Kak Hariadi menambahkan, prinsip gerakan Pramukaialah spriritual, bela negara, skill atau keterampilan, dan seni budaya. Dalam kegiatan Pramuka tersebut ada yang bersifat perorangan dan beregu.

 Jambore nasional Pramuka merupakan pertemuan besar. Total ada sekitar 25 ribu peserta dari seluruh Indonesia. Untuk itu Hariadi berpesan untuk menggalang persabatan antarpeserta. 

 Sumber : http://surabaya.tribunnews.com/2016/07/28/jatim-kirimkan-1724-pramuka-penggalang-ke-jambore-nasional-di-cibubur-14-21-agustus?page=3

0 comments:

Post a Comment