Sunday 30 November 2014

Kwarcab Musi Banyuasin Bangkitkan Semangat Pramuka Sekolah Luar Biasa

0 comments
SEKAYU,  Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) semakin memberikan konstribusi nyata terhadap pembentukan karakter anak bangsa. Guna menggelorakan semangat Gugus Depan Gerakan Pramuka di Bumi Serasan Sekate agar menyentuh semua lapisan masyarakat, terutama kaum muda mulai dari jenjang sekolah dasar hingga setingkat sekolah menengah atas,

Upaya ini diwujudkan dengan digelarnya Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan yang sudah sepekan ini dilaksanakan. Bukan itu saja, selain memberikan bekal kepada para Pembina tersebut, Kwarcab Muba juga mengajak para peserta kursus pembina ini agar lebih mendekatkan dan meningkatkan kepedulian terhadap sesama, dengan mengunjungi Gugus Depan Pramuka Sekolah Luar Biasa (SLB) yaitu, SD Negeri LB, SMP Negeri LB, dan SMA Negeri LB Kecamatan Sekayu, Muba, Sabtu (29/11).

Kunjungan Kwarcab Muba bersama para peserta Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan ini dipimpin langsung, Ketua Harian Kwarcab Muba, Dicky Meiriando SSTP MH, didampingi Ketua Pusdiklatcab Muba, HQ, Pinsus KML Muba, Juli Alamsyah SE, dan Ketua Panitia KML Muba 2014, Gustiana SH SPd SD. Adanya kunjungan dan silaturahmi pramuka ini terlihat sekali rona kebahagian terpancar pada raut wajah seluruh siswa-siswi SLB dan pihak sekolah.

Kepala SLB Kecamatan Sekayu, Ahmad Suhali SPd SD, mengatakan, pihak sekolah dan seluruh siswa-siswi sangat senang atas kedatangan dan kunjungan rombongan dari Kwarcab Gerakan Pramuka Muba ke sekolah luar biasa yang beliau pimpin. “Semoga kedatangan rombongan ini dapat mampu membangitkan semangat anak-anak yang semuanya berlatar kebelakangan mental ini, sehingga mereka dapat mengenal kepramukaan seperti siswa formal pada umumnya,” ujar Ahmad.

Ketua Harian Kwarcab Muba, Dicky Meiriando SSTP MH mengungkapkan, para pengurus Kwarcab Muba sangat terharu dan tersanjung atas penyambutan kedatangan rombongan pramuka ke sekolah luar biasa ini. Ia berharap, adanya kunjungan ini dapat memberikan manfaat positif terutama semangat kepada siswa-siswi SLB agar semakin mengenal dan cinta terhadap Gerakan Pramuka.

“Kedepan, Kwarcab Muba akan berupaya lebih memperhatikan anak-anak Pramuka di Sekolah SLB ini. Sehingga semangat Gerakan Pramuka akan selalu bangkit dan terdepan di setiap gugus depan sekolah-sekolah termasuk di sekolah SLB ini. Karena itu mari kita bersama-sama terus memajukan gerakan pramuka Kabupaten Muba,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut juga, Pengurus Kwarcab Muba bersama rombongan memberikan bantuan berupa seragam dan perlengkapan pramuka kepada anak-anak yang ada di sekolah luar biasa yang ada di Kecamatan Sekayu tersebut.

Selanjutnya, setelah melakukan kunjungan ke Sekolah SLB, rombongan tersebut langsung bertolak kembali ke Sekretariat Kwarcab Muba untuk melakukan penutupan kursus Pembina pramuka mahir tingkat lanjutan (KML) di aula kwarcab Muba. Penutupan kegiatan tersebut dipimpin langsung Ketua Harian Kwarcab Muba, Dicky Meiriando SSTP MH selaku mewakili Ketua Kwarcab Muba, Drs H Sohan Majid MM.

Kegiatan yang telah dilaksanakan selama tujuh hari yakni, dari tanggal 23-29 November 2014, diikuti sebanyak sebanyak 30 orang peserta yang terbagi dalam tiga penjurusan yaitu, golongan siaga, golongan penggalang, dan golongan penegak.

Akhir kegiatan juga diumumkan peserta yang berhasil mendapat predikat peserta terbaik yakni, peserta terbaik dari Golongan Siaga. Murliadi dari Kwaran Lais, dari Golongan Penggalang, Joko Wiyanto dari Kwaran Babat Supat, dan terakhir Golongan Penegak, Siswandi dari Kwaran Babat Supat.

Sumber : http://www.beritamuba.com/baca-16-1742.html

0 comments:

Post a Comment