Saturday 8 November 2014

Rakor Kwartir Pramuka se-Indonesia

0 comments
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri Rapat Koordinasi Kwartir Daerah Gerakan Pramuka se-Indonesia 2014. JK disambut dengan tepuk tangan dan nyanyian khas pramuka.

JK datang sekitar pukul 13.45 WIB pada acara rakor yang diselenggarakan di Hotel Grand Cempaka, Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (8/11/2014). JK memasuki ruangan rakor bersama dengan Ketua Kwarnas Pramuka Adhyaksa Dault bersama kakak-kakak pembina Pramuka lainnya.

JK yang mengenakan baju batik berwarna abu-abu disambut dengan nyanyian dan tepuk tangan khas pramuka. "Selamat datang kakak, selamat datang kakak," ujar kakak-kakak pembina Pramuka kompak.

JK yang langsung berjalan ke panggung dan tempat duduk yang disediakan menyambut nyanyian itu dengan senyum lebar. JK pun duduk berdampingan dengan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu.

Penyambutan kedatangan JK ditutup dengan tepuk pramuka. Tidak hanya kakak pembina pramuka, JK pun ikut bertepuk tangan sesuai dengan irama khas itu.

Jusuf Kalla: Rombak Total Gerakan Pramuka

 Gerakan Pramuka harus kembali ke asal dan tujuan pembentukannya, yaitu membina generasi muda Indonesia. Tak hanya concern pada raganya, tapi juga jiwanya. Jangan terjebak pada formalitas, baju, dan jumlah anggotanya, tapi juga mesti dirasakan kehadiran dan kebermanfaatannya di masyarakat.

Dalam rilis yang diterima, Sabtu (8/11/2014) Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memberikan pengarahan kepada pengurus Gerakan Pramuka pada Rapat Koordinasi Kwartir Daerah di Hotel Grand Cempaka, Jakarta menyampaikan pandangannya soal gerakan pramuka. Menurut Wapres, sebagai wadah pembentukan karakter anak bangsa, Pramuka harus bisa mereposisi dirinya di tengah-tengah perubahan yang terus terjadi di masyarakat era digital ini.

“Pramuka harus dirombak total. Bahkan kalau nanti merosot jumlah anggotanya, tidak apa-apa,” ujar JK. Sebab, yang terpenting bukan jumlah anggota Pramukanya atau seragamnya, tapi bagaimana nilai-nilai Pramuka itu bisa hadir dan memberikan pengaruh ke masyarakat.

“Kalau hanya pakaiannya saja, itu hanya simbol. Bangunlah jiwanya, bangunlah badannya. Bukan belilah bajunya, pakailah bajunya,” tambahnya.

Untuk itu, Jusuf Kalla mengingatkan kepada Gerakan Pramuka agar terus berbenah, mengingat beratnya tantangan untuk kembali membumikan Pramuka kepada anak-anak muda zaman sekarang. Banyak yang harus dilakukan.

“Kembangkan pilot project yang langsung bermanfaat baik bagi peserta didik maupun masyarakat,” ujarnya.

Mengenai pendanaan Pramuka, JK mengajak Pramuka lebih mandiri dalam pelaksanaan kegiatannya. Meski pemerintah akan membantu, Pramuka harus dapat menjalankan kegiatannya dengan mandiri.

"Ini kan upaya sosial dalam masyarakat. Kemandirian penting. Jalankan dulu kegiatannya," kata JK.

Sementara itu Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault, mengapresiasi antuasisme Wapres terhadap Pramuka. “Baru kemarin kita bertemu beliau (Jum’at), sekarang sudah bertemu kita lagi. Ini menunjukkan kalau Pak Jusuf Kalla sangat peduli dengan Pramuka,” tandas Adhyaksa.

Sumber :
- http://news.metrotvnews.com/read/2014/11/08/315975/wakil-presiden-hadiri-rakor-kwartir-pramuka-se-indonesia
- http://news.detik.com/read/2014/11/09/005023/2742919/10/jusuf-kalla-rombak-total-gerakan-pramuka

0 comments:

Post a Comment